Saturday, January 07, 2006

Bertahan Lama di Perusahaan? Mengapa Tidak!

Pada dasarnya setiap karyawan ingin bertahan lama bekerja di suatu perusahaan, kalau perlu bahkan sampai waktu pensiun. Tetapi, kadang anda dihadapkan pada situasi sulit yang tidak bisa anda hindari dimana anda harus hengkang dari tempat anda bekerja. Entah itu karena PHK, tidak cocok dengan budaya perusahaan, karir mandeg, atau gaji yang terlalu kecil. Kondisi ini mau nggak mau membuat anda tidak bertahan lama di suatu perusahaan. Memang, untuk bisa bertahan lama di suatu perusahaan tidaklah mudah. Tetapi bukan tidak mungkin diupayakan. Kalau anda ingin bekerja dalam jangka waktu lama di suatu perusahaan, ini dia kiatnya:

Mencintai pekerjaan
Mencintai pekerjaan merupakan modal dasar yang membuat anda bertahan. Karena, dengan mencintai pekerjaan berarti anda memiliki kesiapan untuk menerima pekerjaan apa adanya, tanpa merasa keberatan sedikitpun. Untuk dapat mencintai pekerjaan, anda harus menguasai pekerjaan anda. Sehingga apapun kendala yang anda hadapi, anda sudah tahu cara mengatasinya. Satu lagi, anggaplah pekerjaan sebagai hobi! Jika anda menganggap pekerjaan sebagai hobi, anda dapat bekerja dengan riang gembira.


Kenali budaya perusahaan
Bagaimana cara mengenali budaya perusahaan? Anda harus mengenali aturan-aturan atau norma-norma dan etika yang berlaku di perusahaan tersebut. Sehingga sikap dan perilaku anda dapat disesuaikan. Ingat, pada dasarnya anda sebagai karyawan adalah tamu sekaligus tuan rumah. Sehingga mau tidak mau anda harus mengikuti peraturan yang berlaku di dalamnya. Dengan demikian, anda akan lebih tenang dan nyaman dalam bekerja, karena apa yang anda kerjakan tidak bertentangan dengan budaya perusahaan tersebut.


Hayati visi dan misi perusahaan
Apa yang anda kerjakan hendaknya sesuai dengan visi dan misi perusahaan. Untuk itu anda perlu mengetahui dan memahami visi dan misi perusahaan, sehingga dalam bertindak, anda tidak akan melenceng dari koridor perusahaan. Jangan lupa, visi dan misi perusahaan merupakan panduan bagi karyawan untuk bekerja sesuai harapan perusahaan.


Kenalilah atasan
Bagaimanapun hebatnya anda, peran dan pengaruh atasan sangat menentukan karir anda. Walaupun anda pandai, jika bos merasa tidak cocok, jangan harap karir anda akan mulus. Maka kenalilah bos anda, baik sifat, watak, karakter maupun kebiasaan-kebiasaannya. Dengan mengenalinya, anda akan lebih mudah menyesuaikan diri dengan atasan. dan hal ini merupakan salah satu modal untuk memuluskan jalannya kerjasama anda dan bos.


Pelihara hubungan sosial
Dalam perusahaan, anda bukanlah satu-satunya karyawan. Dalam bekerja anda tidak bisa sendirian. Anda dituntut untuk saling bekerjasama dengan karyawan lain, terutama karyawan satu divisi dengan anda. Sehingga mau nggak mau anda harus menjalin hubungan sosial dengan mereka. Tetapi hubungan sosial yang anda jalani tidak terbatas pada rekan satu divisi, melainkan juga termasuk karyawan-karyawan dari bagian lain. Selain itu hubungan sosial juga tidak terbatas pada jabatan dan posisi yang sama. Jika anda mampu menjalin hubungan sosial yang baik dengan siapapun di lingkungan kantor anda, anda dapat diterima dengan baik pula oleh mereka. Dan hal ini pulalah yang menyebabkan anda sulit meninggalkan kantor anda!

No comments: